Sabtu, 10 Oktober 2009

Nama : Okni Juwita Sofia

NPM : 41208390

Kelas : 2 DA 04

Tujuan utama dari sistem basis data adalah menyediakan pemakai melalui suatu pandangan abstrak mengenai data, dengan menyembunyikan detail dari bagaimana data disimpan dan dimanipulasikan.

Arsitektur komersial basis data yang banyak digunakan telah tersedia saat ini dan telah mengalami perluasan yaitu arsitektur ANSI-SPARC.

Tiga Tingkatan Arsitektur Basis data ANSI-SPARC

  1. Tingkat Eksternal (External Level)
  2. Tingkat Konseptual (Conseptual Level)
  3. Tingkat Internal (Internal Level)

Model Data

Model data adalah kumpulan konsep yang terintegrasi yang menggambarkan data, hubungan antara data dan batasan-batasan data dala suatu organisasi.

Data sub language

Data sub language adalah subset bahasa yang dipakai untuk operasi manajemen basis data. Dalam penggunaan biasanya dapat ditempelkan (embedded) pada bahasa tuan rumah (Cobol, PL/1, dsb).

Ada 2 data sub language

1. Data Definition Language (DDL)

Bahasa yang digunakan dalam mendefinisikan struktur atau kerangka dari basis data, di dalamnya termasuk record, elemen data, kunci elemen, dan relasinya

2. Data Manipulation Language (DML)

Bahasa yang digunakan untuk menjabarkan pemrosesan dari basis data, fasilitas ini diperlukan untuk memasukkan, mengambil, mengubah data. DML dipakai untuk operasi terhadap isi basis data

Arsitektur DBMS Multi User

Teleprocessing

File-Server

Client Server

Data Independence

data independence yang berarti perubahan yang terjadi pada tingkat yang lebih rendah tidak mempengaruhi tingkat yang lebih tinggi.

Ada 2 jenis data independence

  1. Physical Data Independence
  2. Logical Data Independence

Data Dictionary

Data dictionary adalah tempat penyimpanan informasi yang menggambarkan data dalam basis data

MODEL DATA RELASIONAL

Sebuah sistem manajemen basisdata relasional atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagairelational database management system (RDBMS) adalah sebuah program komputer (atau secara lebih tipikal adalah seperangkat program komputer) yang didisain untuk mengatur/memanajemen sebuah basisdata sebagai sekumpulan data yang disimpan secara terstruktur, dan melakukan operasi-operasi atas data atas permintaan penggunanya.
Keuntungan Basis Data Relasional
1. Bentuknya sederhana
2. Mudah melakukan berbagai operasi data

PENGGUNAAN BASIS DATA

untuk posting kali ini saya akan membahas tentang pelajaran yang sudah di bahas di bangku kuliah dengan materi sistem basis data langsung saja ke materi
pengguna basis data
1. System Engineer
Tenaga ahli yang bertanggung jawab atas pemasangan Sistem Basis Data, dan juga mengadakan peningkatan dan melaporkan kesalahan dari sistem tersebut kepada pihak penjual
2. Database Administrator (DBA)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Free Blogger Templates